sayang kalian smua…:)

ho..ho..ho.. bingung mw buat apah… alhasil inilah yang terjadi marilah qta nikmati bersama2…

di postingan ini aq akan membantu para pembaca sekalian, untuk berkenalan dengan wanita2 cantek & manies & imoet sperti marmut d bawah ini, kali ajahhh kan kalian smua ktemu dengan mreka2 d jalanan kan, bisalah minta uangnya buat beli bonbon… hehehhe…:)

hm… yang pertamax yaccchhh ni dia, manusia jadi2-an alias Hartanty Tamba dengan panggilan imoet-nya tanty & banyak juga yang memanggil dia abang… kenapa dia d sebut manusia jadi2-an..?? lihat ajah tampangnya d bawah ini… trus…dia itu masih blom jelas jenis kelaminnya hahhah… :) bagi yg penasaran ama jenis kelaminnya cobah ajah hubungin dia langsung hahahah…. :) pisss abang… :P

trussss…. manusia sebijik ni, klo ngomong hmmm… kuatnya na anjubillehhh kalah awak d buatnya, padahal berhadap2-an nya ngobrol ama dia, tapi bisa2 nya dia ngeluarin suara sampe kelihatan urat2 d lehernya… trus dia itu identik dengan kata “begu…!!!”, cok lah kalian dengar dia bilang kata itu, pasti bisa tergila2 klen ma dia, itulah jampi2 nya kali ya makanya dia banyak yang senangin…

lanjoet lagiii tentang manusia sebijik nich… yahh belakangan ini kami sering cimes-an bareng, topik yang paling sering kami bahas adalah… treng..treng..treng.. “kapan yach punya pacar???” hahahah… :) trnyata normal juga manusia sebijik nich… nyokkkk bang qta cari sama2, katanya kemarin d tanah abang banyak yang obral, hahhaha… :) emang barang ya bang… :P

abang tanty lelaki yang mampu masuk ke aspi

okehh, slesai buat manusia jadi2-an ini, skarang qta lanjut yang berikutnya ke manusia yang benar manusia… hahhah… :) Dia adalah Yodora Dahlia Sinaga. klo manusia yang sebijik nich, duhhh senyumannya bokkk bisa menggoyangkan jembatan harmoni dan sekitarnya, gmana cidakk… coba lihat ajah tuch senyumannya manis cekali, byk lelaki yang tertarik abis ma dia, sampe2 dia bingung tuch mw pilih yang mana buat d jadiin pasangan..

panggilan imoet dia adalah iyo, atau dora tapi klo aq panggil dia adek, karena dia tuch masih dedek2. Klo sama anak yang sebijik nich, pasti enak klo ngobrol trus kan klo qta main k kosan dia pasti qta benar2 d buat sperti tuan putri, dia ga bakalan ijinin qta buat bersih2, d suruh duduk ajah dengan manis, padahal klo dia main k apartemenQ kudu wajib tuch nyapu kolong tempat tidurQ hahahah… :)

trus yang paling penting nich & wajib untuk d garis bawahi klo perlu d bold dia ini orangnya ga bisa d larang, cobak ajahlah kalian larang2 dia, bisa2 dia membuat lebih, contohnya nich ya… klo dlu d asrama kan ga boleh tuch ribot2 klo malam, nah.. klo dia d larang ribot bisa2 ni anak makin ribot ajah… makanya klo mw nyuruh dia diam, mending d larangnya dengan bilang gini ajah… “dek cok ribut lagi kw..”, d jamin dahhh pasti langsung diam dia.. trus kan, ni anak klo olahraga lari tuch paling senang, gilak dehhh aq ajah klo 5 kali keliling OT uda nyerah, dia bisa sampe berpuluh2 keliling, mungkin ni anak pernah ya punya cita2 jadi atlet lari hahahha… :)

si cukak maribak... :)

skarang qta masuk k orang ke-3, Lamretta Siringoringo… klo panggilan imoet nya etha, lam, tak. Bingung mw buat apa tentang wanita sebijik ni… yang pasti dia itu punya suara yang sangat membisingkan hahahha… :) tapi mungkin itu dapat d jadikan dia menjadi handalannya untuk mencerminkan kepribadiannya maksudnya keunikan dialah..

trus yang pastinya dia baiklah (standard lah) hahhaha… :) trus yang aq tw sich dia lagi dekat tuch ama bule, qta tunggu ajah lah dia buat conference pers buat pengakuan dlu hahahah… :)

nah, selanjutnya dia itu orangnya rada jogal.. dlu pernah tuch waktu SMA dia mandi hujan di depan pacarnya, padahal pacarnya uda melarang dia… hahha… :) (maap ya bu kebongkar dech… :P)

si etha yang punya suara sangat membisingkan hahahah...

next…next… qta masuk ke wanita selanjutnya adalah Dona Pardede, panggilan imoet nya itu Dona tidak pake t (donat) atau l (donal). Banyak orang mempunyai panggilan sayank ma dia, klo aq manggil dia dengan sebutan bebs… hahah.. :) dlu klo ga salah mak Nihe pernah kena kerjain samaQ karena aq buat2 status bebs di fb d pikirnya bebs itu pacarQ ternyata oh ternyat dia adalah wanita cungkring berambut kriting dan punya banyak bulu.. :P

klo mengenai dia, hm..apa yah, yg pasti klo aq lagi ngantuk d kantor pasti deh aq chat dia meskipun ngantuknya tetep aja ga hilang :P trus klo lagi boring d apartemen juga pasti aq cimes dia menggunakan cimes-an gretongan hahah… :) nah, dia ini adalah orang kaya, trus dia bilang aq & bunda orang miskin.. tapi di hari ini Kamis, 21 April dia ga punya pulsa & sedang mencari2 orang yang bersedia transfer pulsa 5 rebu k dia hahah… :) orang kaya tapi ga pnya pulsa.. :P katanya dia, dia rendah hati makanya hari ini ga punya pulsa…

trussss.. klo dlu tuch d asrama dia orangnya lemahhh kali, kenapa..?? karena dlu dia adalah salah satu penghuni asrama yg paling sering kena flu, kena air kamar mandi ajah dia langsung bersin2, gmana kena air hujan yahhh… tp dia skarang uda kuat, malah skarang aq kalah… uda bisa dia balik malam sendirian tanpa bersin2 hehehh.. :) Jakarta telah membuat bebs menjadi wanita yang tangguh…:)

bebsQ... :)

ops… qta lanjut, next adalah Frisca Runy Panjaita. Panggilan imoetnya adalah pemo atau fris atau friska. nah… ni adalah kawan awak klo me makan banyak, kami sama porsinya, sama2 porsi kuli.. hahhaha.. :) tapi yang kutau dia skarang lagi berusaha mengempeskan perutnya… :)

trus, ni anak asikk dahhh klo jalan ma dia, qta bisa ketawa ajah ma dia, duhhh.. kek nya s pemo ini cucoklah ikutan OVJ kek nya cucok dia d pasangkan dengan s sule… :)

tapi meskipun begitu, klo soal style dia okeh juga lho… hm, cobaklah ajak dia k pesta, pasti ga kalah canteknya dengan artes2 itu.. tapi klo mw ngajak dia k pesta, harap d jauhi dari segala jenis makanan, karena dia ga bisa lihat makanan sedikit poen, sampah ajah masuk… :P

kawan awak pemo hahhaha...=))

nah.. selanjutnya adalah Julianty Munthe, panggilan imoetnya adalah juli atau jul atau munthe.. klo aq mah panggil dia tante, dlunya kami ber-sister, Jakarta telah mengubah segalanya jadilah kami bertante-boru.. :)

nah, dia adalah wanita yang paling sering kutemukan skarang, gmana tidak cobakk..?? wong apartemen kami tuch bersampingan.. :P nah, s tante ini orang yg slalu bilang klo msakanaQ itu enak, padahal aq sendiri ajah bilang ga enak, tapi dia bilang enak, klo d tanya kenapa tante slalu bilang enak..?? trus dia jawab “biar nanti boru semangat lagi masaknya” hahah… :) pande kali memang tante awak ni.

nah, trus dia itu paling rajin ibadah, makanya aq kasih dia gelar inang diakones, klo misalnya soal kehidupan sosial dialah orangnya.. makanya dlu dikampus dia pernah diangkat menjadi ketua kerohanian.. :)

HIDUP INANG DIAKONES… :P

si garong

nah.. skarang masuk ke Estheria Tampubolon, dengan panggilan imoet Eshter atau ter atau es.. (emang es teller.. :P). klo aq manggil dia dengan sebutan bunda.

klo s bunda ini orangnya rajiiiinnn amat.. trus bersssiihhhh amat.. trus rappiiii amat, trus pinteerrr amat.. udah banyak amat-nya ntar lagi datenglah s amat.. hehhe.. :) yahhhh, bener nich s bunda duhhh klo ada yg bisa mendapatin dia, enak kalilah kubilang, masakannya juga enak kaliii… pernah tuch waktu kami main k rumahnya d tarutung, dia masak capcay raksanya maknyooss lah enaknya.. :)

trus, s bunda ini orangnya juga keraslah, klo bertekak ma dia, siap2 lah qta kalah, karena orangnya pasti ngotot abis, tapi itu memang karena dia ngerasa yang d pertahankannya itu benar… :) tapi klo misalnya ga benar dia pasti diam trus langsung bilang “ya, maapp!!!”

si manis jembatan lia

nah.. masuk ke yang bagian wanita d bawah ini, dia adalah Joice Helena Sirega, panggilan imoet nya Jo atau Joice. klo aq manggil dia sister gilak… kenapa gilak..? yahhh karena memang dia gilak… hahhah… :)

duh… klo udah ada anak yang sebijik nich pasti jadi rame dech suasananya, klo kata tanteQ yang paling lembut sedunia klo uda ada s Joice uda hitung 10 itu, hahha… :)) dia mampu menghidupkan suasana dehhh…

nah, ni anak juga jago dalam hal menulis, duhhh coba dech d baca blog nya pasti kalian smua pada pengen terus membaca cerita2-nya dia, uda banyak yang nyaranin dia supaya buat buku, tapi katanya nantilah masih mw belajar dlu menulis yang baik, baiklah qta tunggu ajah dia belajar dlu… tapi jangan lama2 ya gilak..? secara kan, klo misalnya launching bukumu itu, pasti terkenallah kw kan, nanti ikut juga aq terkenal hahaha… :P

nah, klo ma wanita sebijik nich janganlah sampe qta buat masalah ma dia, karena dia bisa jahat ma orang yang jahat ma dia & bisa baik bahkan lebih baik dari orang yang baik ma dia, makanya kudu baik2 ajah dehh ma dia, yang pasti dia memang sisterQ yang gilak abis lah…

si gilak dari semper

oh…oh… qta masuk k wanita berikutnya, yaitu Ripka Ginting. Kalo panggilan imoet nya yaitu Ripka atau Rip. klo aq sich manggil dia dengan sebutan say. Nah, klo wanita sebijik nich… orangnya pede abis dech… trus lucu juga… nah, dia juga salah satu orang temanQ yang hobynya makan, klo dia mah makanan kesukaannya indomie & telur. dlu dia nich yang paling sering ng-sornop… sornop tuch indomie yang cuma d campur air panas doank.. :) klo makan ada telurnya dia pasti bilang lezat bgt. hahah.. :) makanya klo lelaki yang memiliki istri sperti dia, ga perlu cari tempat2 mahal buat makan ma dia, cukup gorengkan ajah telur itu, pasti dia senangnya minta ampun… :)

trus.. dia nich orangnya emosian juga, jadi janganlan coba2 pancing dia marah, bisa2 nanti tanduknya keluar smua, klo dia marah.. hm, goyang smuanya hahhahah… :) piss say.. :P meski gitu, dia mah orangnya asik dehhh…

ayank ripkaijo

wanita d bawah ini adalah bernamakan Martina Siregar, klo panggilan imoetnya yaitu Mar atau Martina atau Tina. Klo aq manggil dia dengan sebutan sister sedeng.. :) klo mw tw kenapa dia d sebut sister sedeng, silahkan tanya si gilak yang d atas tadi.. :)

klo dia lihat dari putunya yang d bawah ini, uda tw lah ya kan klo dia itu jago nyanyi.. suaranya ber-fibra bookkkk… okehlah suaranya, karena memang dia belajarnya sich dari aq..  hahahha… :P

trus, ni anak punya suara juga pelan abis, & bawaanya selalu nyantai & lembuh dahhh…

sedeng...

nah, sampailah qta kepada wanita yang terakhir yaitu Elisabeth Margareth Sitanggang, klo panggilan imoetnya itu sabeth atau bet atau elisabet… klo aq mah manggil dia tante.. duh.. dia adalah tanteQ yang paling stylish, trus paling lembut, paling menteelll dahhh… makanya klo mw bergaya2 ma dia ajah lah, lihat ajah tuch gayanya berpose, cukup meyakinkanlah untuk d jadikan cover majalah.. hahah..:)

trus, s tante yang satu ini, orangnya slalu terbawa ke-perasaan, misalnya klo mw perpisahan gitu dia bisa sampe nangis, pernah kami kemarin nonton bareng film korea, sedih sich memang, tapi dia nangisnya sperti anak yang d tinggalin mamanya dahhh.. sampe habis tissue d buat s tante.. hahah..:))

trus, klo mw curhat juga cucok bambang lah ma s tante nich… pasti qta bisa tenang d buat dia, tapi klo misalnya dia lagi bad mood jangan coba2 untuk memancing dia marah, bisa2 smua barang yang ada d hadapannya d campakkan tuch k muka qta hahahha…:)) pengalaman d lempar sendal ma s tante.. :P

si tante yang lembut

ops.. berkat abang tanty jadi dapatlah aq gambar wanita yang d bawah ini, dia adalah Ellsa Marihot Berliana Marintan Sibuea panjang kali kan, nah.. itulah yang selalu d banggakan dia namanya yang panjang itu, soalnya dia pengen membanggakan badannya yang cungkring itu tapi ga bisa jadinya namanya ajah lah yang d banggakannya hahhaha.. :P, klo nama imoetnya adalah echa atau elsa atau sa, klo aq mah manggil dia banyak bisa ellsa atau echa atau tut atau men hahah… banyak lah..

hmm.. klo wanita yang sebijik nich, orangnya paling heboh dahhh klo misalnya acara jalan2 atau ktemuan gitu dia mah yang palling heboh orangnya, trus dia juga orangnya cerewet abis, jadi klo misalnya mw dekat2 ma dia siapin ajahlah kapas buat nuntupin telinga, daripada rusak kan telinga qta mending d hindari.. hahah.. :P

nah, satu lagi dia itu orangnya paling hoby makan di cililitan, jadi buat kamu2 yang klo butuh teman untuk makan di cililitan just call her, dia pasti mw lah itu, walaupun rumahnya d ujung kulon sana relah dia makan d cililitan dan pulang malam2.. hahaha.. :)

trus yang terakhir nich, dia orangnya cuekss bebeks, jadi klo berurusan ma dia ga usah takut dah.. dia ga gampang sakit hati kok, cukup bilang k dia, pasti dia terima & langsung konfirmasi dehh dia.. :)

echa marecha sang ketua cungkring society

hm… spertinya hari ini aq mw nambah satu korban lagi hahaha… :) wanita sebiji yang d bawah ini bernama Henny Sinaga, klo panggilan imoet-nya adalah nihe atau hekk atu henni atau hen atau nii juga boleh… klo aq mah manggil dia mamak, gak tw gmana ceritanya aq bisa manggil dia mamak.. pukonya dialah mamakQ waktu d kampus dlu hahhaha.. :P

hm… klo mengenai wanita sebijik nih.. pertama kali ngelihat dia pasti mengira klo dia adalah orang china… china nyasar maksudnya hahah… :P lihat ajah tuch dari putunya matanya sipit kayak mak pipit *gaknyambung.com

yang kuingat sama s mamak ini, hm.. dia adalah wanita yang sukak makan, trus dia juga paling wajin klo bawa makanan k asrama.. apalagi klo baru mudik dia, pasti tuch bawa makanan k dia, makanya klo misalnya dia mw pulang k asrama, siap2 aja purak2 main k kamarnya pasti dehhh dapat makanan yang gretongan hahhaha… :)

trus..trus.. apalagi ya..?? hm.. ohh ya, ni mamak pernah jatuh cinta ma jreng..jreng..jreng… si TITIK ajalah qta buat namanya.. :P Duh.. pas pertama kali s mamak ini jalan ma si TITIK itu, lihat ekspresinya yg sangat bahagia lucu abis dahh… kayak anak SMP yg baru pacaran hahah.. trus aq juga baru tw klo s mamak uda jadian itu malyu2 kucing, kenapa aq bilang gitu..?? yahhh karena klo misalnya si TITIK itu berada d dekatnya, pastilah dia diam seribu bahasa, padahal dia itu sebenarnya orangnya bocor abis dah.. ketawanya ajah hampir bisa menyaingi aq.. hahah.. :)) piss mak, kebongkar masa2 muda dlu ya..:P

tapi yang pastinya, sama si mamak ini, asyiklah trus kan dia juga orangnya stylish abis.. klo misalnya ke gereja gitu, hm.. cakep abis dah kalahlah artes2 yang d laguboti itu.. hahhaah.. emang ada ya mak..?? :P

mak nihe dari tinghoa...:P

Akhirnya kelar juga aq menceritakan smuanya… hahaha… :)) ceman2,maap ya klo misalnya ada kata2 yang terlalu berlebihan atau menyinggung, bukan maksud apah2… karena memang aq sayang kalian smuanya… pukoknya intinya kalian semua itu TAI KEBO

T-emannya yang baik
A-sik
I-moet
K-eren
E-enak diajak ngobrol
B-aek hati
O-ke bgt dech..

Terima kasih buat kalian semua yang sudah menjadi temanQ… pengen sich membuat smua anak2 aspi d sini, tapi karena putu2 nya yang ada cuma itu jadinya ya kalian ajah dech yang jadi korban.. hahhaha.. :P

intinya aq sayang kalian smua. Smoga qta bisa menjadi teman untuk selamanya sampai maut memisahkan qta.. (cam orang pacaran itu kan woi…)

I Louphhh Youuu All…. Muach…. :*

Comments (34)

Enterprise System Pertemuan 7 & 8

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hubungan “Any-to-any” dan dampaknya terhadap partner bisnis

Hubungan “Any-to-any” maksudnya adalah bagaimana data atau informasi dapat diakses dari mana saja.

Dampaknya terhadap partner bisnis, yaitu:

  • Mempermudah komunikasi antara perusahaan dengan supplier-nya
  • Proses bisnisnya lebih cepat karena akses informasi yang diperlukan cepat dan selau ter-update

Jelaskan dengan rinci gambar Exhibit 3.4 (hal 47) dari buku teks anda

Jelaskan apa ‘prerequisites” untuk infra-struktur Internet dan faktor2 biaya yang terkait

Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Web based Enterprise Management”

Web based Enterprise Management (WBEM) adalah sebuah konsep yang mencakup semua proses dari sebuah perusahaan berbasis web sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Siapa Tim Berners-Lee?

Tim Berners-Lee yaitu Sir Timothy John, dimana beliau merupakan penemu world wide web dan ketua world wide web consortium, dan mengaturnya.

Apa yang mendasari penemuan Tim Berners-Lee? Tentang Internet!

Tim Berners-Lee ingin melakukan pertukaran informasi dengan partnernya diberbagai Negara secara cepat dan efisien.

Dampaknya :

  • Adanya web based Enterprise System
  • Mendorong aplikasi ke arah web based

Comments (2)

Enterprise System Pertemuan 5 & 6

Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Killer Application”, apa sebabnya diberi nama demikian?

Killer application merupakan program komputer yang sangat diperlukan karena secara significant dapat memberikan keuntungan pada permintaan pasar dan juga dapat meningkatkan penjualan dalam platform yang digunakan untuk menjalankan program komputer tersebut.

Beberapa contoh aplikasi yang bisa dikategorikan sebagai killer application antara lain: e-mail, World Wide Web dengan kontribusi Mosaic GUI (Graphic User Interface), beberapa online games dan yang akhir-akhir ini menjadi perhatian adalah online social media networks.

Tuliskan langkah-langkah untuk sebuah Methodology, uraikan masing-masing langkah tersebut

Langkah-langkah untuk sebuah methodology, yaitu:

  • Write down the objective(s) artinya menjabarkan objektif perusahaan yang akan dilakukan.
  • Examine the basic elements to be reengineered artinya memeriksa elemen dasar untuk di reengineering.
  • Define if these elements must be high duty or low duty artinya menetapkan jika terdapat element –element yang menjadi tugas penting atau tugas kurang penting. Maksudnya adalah kita harus dapat membedakan kegiatan yang penting sesuai dengan bisnis proses yang berjalan.
  • Put to work a small, well-trained group under an able leader artinya bentuk team kecil,  grup terlatih dibawah pemimpin yang dapat memimpin. Menurut kami untuk mengerjakan suatu tugas atau project tersebut tidak harus membutuhkan tim yang besar, karena biaya investasi yang dikeluarkan akan terlalu besar. Perlu ditekankan adalah tim yang terlatih, dan dipimpin oleh seorang leader yang handal.
  • Apply stringent timetables for deliverables. Artinya menerapkan waktu kerja yang padat dalam pencapaiannya. Menurut kami, waktu pengerjaan project harus relevan hal itu menentukan besarnya investasi yang akan dikeluarkan.
  • Perform design reviews with authority to kill the project. Artinya Menampilkan design review dengan  aotirtas untuk mengakhiri suatu projek. Maksudnya review dilakukan secara rutin agar terlihat progress dari pekerjaan tim dan dapat menentukan apakah projek tersebut masih relevan untuk dilanjutkan atau tidak. Hal ini berhubungan dengan ROI (Return of Investment) yang akan dicapai apakah lebihj besar dari pada pengeluaran.

Jelaskan tantangan apa saja yang dihadapi oleh sebuah organisasi dalam menerapkan/melakukan implementasi “Multi-site Supply Chain”

Tantangan yang dihadapi oleh sebuah organisasi dalam menerapkan/melakukan implementasi ”Multi-site Supply Chain”, yaitu: menetapkan strategi bisnis yang tepat dalam mencapai tujuan yang diinginkan secara real time. Multi-site dapat menjelaskan fakta yang terjadi sehingga manajemen dapat menghasilkan keputusan yang spesifik.

Jelaskan apa kriteria yang digunakan, sehingga sebuah aplikasi disebut “Killer Application”

Kriteria-kriteria yang digunakan sehingga sebuah aplikasi disebut “Killer Application”, yaitu: produk yang ditawarkan murah, sederhana sehingga mudah untuk dimengerti penggunanya serta memiliki kualitas yang bagus.

Sekitar 85% IT project untuk public sector dikatakan gagal? Apa penyebabnya?

Penyebabnya adalah proses bisnisnya belum ada dan format data yang digunakan belum jelas, tujuan proses bisnisnya selalu berubah.

Jelaskan pengertian anda tentang “over customize application”

Over customize application yaitu sebuah aplikasi yang sudah memiliki suatu standart tertentu diubah secara besar-besaran (over) untuk memenuhi konsep bisnis yang diinginkan oleh sebuah perusahaan, sehingga tidak memenuhi standart lagi. Dampaknya adalah proses bisnis utama tidak terselesaikan, biaya project meningkat dan membutuhkan waktu yang lama.

Leave a Comment

Enterprise System Pertemuan 3 & 4

1.Apa yang anda ketahui tentang Global Supply Chain

Global Supply Chain merupakan supplay chain yang melibatkan beberapa perusahaan atau antar Negara (internasional), dimana kita ketahui bahwa supply chain merupakan sebuah proses bisnis yang menghandle proses penyediaan bahan mentah sampai kepada barang jadi sampai ke tangan end user.

Contoh dari global supply chain, yaitu perusahaan otomotif yang melakukan pembuatan komponen-komponennya di beberapa Negara, kemudian dirakit menjadi satu kesatuan.

2. Apa yang dimaksud dengan Supply Chain Collaboration Management

Supply chain collaboration management yaitu :

  • Vendor Management Inventory (VMI), merupakan model bisnis dimana pembeli menyediakan informasi kepada supplier dan supplier merespon untuk mengatur inventory.
  • Just In Time, merupakann proses penyaluran barang sampai kepada pelanggan yang dituju tepat waktu bahkan sebelum waktu yang telah disepakati
  • Strategic Partnership, merupakan membuat sebuah kerjasama yang baik demi meningkatkan keuntungan dimasa depan.

3. EDI singkatan dari apa? Digunakan dimana EDI dalam Supply Chain?

EDI singkatan dari Electronic Data Interchange. EDI digunakan dalam supply chain sebagai mekanisme untuk pertukaran data-data pada e-SCM (electronic Supply Chain Management)

4. Sebutkan vendor Supply Chain yang anda ketahui?

Vendor supply chain yang saya ketahui adalah astra

5. Apa saja modul Supply Chain dari vendor yang anda sebutkan

Modul yang ditangani adalah pengiriman bahan-bahan otomotif

6. Apa yang dimaksud dengan upstream activities

Upstream activities adalah aktivitas supply yang berhubungan dengan sumber-sumber yang berasal dari luar dusevyr sebagai supply chain.

Leave a Comment

Enterprise System Pertemuan 1 & 2 (soal binusmaya)

Soal

Jelaskan Evolusi dari MIS dan Logistic menjadi ERP

Evolusi MIS dan Logoistic menjadi ERP, yaitu

  • 1960, semua sistem masih berbasis paper based yaitu hanya digunakan untuk menyimpan data
  • 1970, sistem sudah dapat mengelola data, tapi hanya pada bidang analytical accounting, order handling, dan inventory control.
  • 1980, mulai ada user interface, user sudah dapat mengakases database (proses searching)
  • 1990, mulai dikembangkan, sudah dikenalnya internet dan networking (intranet)
  • 200, sistem informasi sudah digunakan disemua sektor

Sebutkan dan jelaskan dengan rinci software-software apa saja yang masuk dalam kategori “off-the-shelf software”

Software-software yang termasuk dalam kategori “off-the shelf software”, yaitu software yang dijual atau yang dibuat secara general.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan synergy dalam mengelola teknologi informasi dan procurement

Yang dimaksud dengan synergy dalam mengelolah teknologi informasi dan procurement adalah IT dapat mendukung proses procurement dari sebuah perusahaan berupa proses yang secara real time, mengetahui stok dan produksi optimal.

Jelaskan pengertian Logistic dalam militer

Pengertian dari logistic dalam militer adalah mengatur bagaimana dan kapan untuk memindahkan sumber daya mereka ke tempat-tempat yang diperlukan. Dalam ilmu militer, menjaga pemasokan bekal tidak boleh terganggu oleh musuh sebagai bagian dari strategi militer, karena angkatan bersenjata tanpa sumber daya perbekalan dan transportasi tidak akan berdaya.

Jelaskan pengertian Logistic dalam ERP

Pengertian dari logistic dalam ERP adalah pemesanan, distribusi barang dari supplier ke gudang (inventory) dan proses selanjutnya.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Procurement

Procurement maksudnya adah mengadakan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh perusahaan dimulai dari kertas sampai pada bangunan, dengan kata lain maka akan terjadi interaksi antara permintaan dan pemenuhan permintaan tersebut.

Leave a Comment

Enterprise System-Pertemuan 1 & 2

CRM di sebuah perusahaan

Customer Relationship Management merupakan salah satu strategi dalam bidang pemasaran yang saat ini semakin banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Implementasi Customer Relationship Management banyak diterapkan pada perusahaan maskapai penerbangan, hotel, sampai perusahaan yang bergerak dalam bisnis ritel seperti Matahari Department Store dengan program kepemilikan membership card yang disebut dengan “Matahari Club Card (MCC)”.

Tujuan CRM adalah untuk menjalin suatu hubungan atau relasi yang “intim” antara perusahaan dengan masing-masing customer-nya, sehingga customer yang bersangkutan menjadi loyal dengan perusahaan terkait.

Menurut Kotler, Bowen dan Makens, loyalitas pelanggan didefinisikan sebagai besarnya kemungkinan pelanggan membeli kembali dan kesediaan mereka untuk menjadi partner bagi perusahaan (1999, p. 351). Menjadi partner berarti bersedia membeli produk atau jasa dalam jumlah yang lebih banyak, memberikan rekomendasi positif serta bersedia menginformasikan kepada pihak perusahaan apabila terjadi kesalahan dalam operasional pelayanan.

Implementasi CRM di PT. Excelcomindo Pratama (XL)

Sebuah perusahaan yang telah menggunakan system CRM adalah PT. Excelcomindo Pratama (XL) – http://www.xl.co.id. Seperti yang kita ketahui pada saat sekarang ini telah banyak jenis-jenis kartu telepon, oleh karena itu diperlukan sebuah system yang dapat membangun sebuah interaksi yang baik dengan customer-nya sehingga tidak membuat customer-nya untuk pindah ke kartu lainnya.

Sistem CRM di XL ini bernama Clarify, yang dikembangkan oleh vendor asal Amerika Serikat, Amdoc. Di Indonesia, teknologi Amdoc hanya digunakan oleh XL. Amdoc ini eksklusif hanya untuk XL, karena memang perjanjian awalnya dibuat begitu. Mereka tidak bisa menjual lagi ke operator lain. Dengan begitu diharapkan dapat menjadi keunggulan bersaing (competitive advantage) XL.

Sistem billing XL juga menggunakan teknologi Amdoc. Teknologi billing yang dipakai XL memiliki kemampuan perhitungan aktivitas menelepon–seperti pulsa yang dihabiskan, lama melakukan panggilan, dan sebagainya–dari seorang pengguna (user), hingga hitungan detik. Untuk mengoneksikan semua sistem yang ada, dimana masing-masing memiliki konektor spesifik maka digunakan aplikasi middleware (jembatan). Misalnya, jika aplikasi CRM ingin mendapatkan data dari sistem billing, tidak perlu terhubung langsung ke sistem itu menggunakan semacam application programming interface, melainkan bisa terkoneksi ke sistem middleware (yang menggunakan Web services atau teknologi semacamnya).

Sebagai sistem konvergen, sejak awal aplikasi CRM ini sudah diintegrasikan dengan database pelanggan. Oleh karena itu, juga mampu mengonsolidasi data semua pengguna kartu XL, baik prabayar maupun pascabayar. Misalnya, ketika seorang pelanggan XL menelepon dari ponselnya ke 817 (bisa voice atau video call), datanya akan masuk ke sistem interactive voice response (IVR). Sistem IVR inilah yang akan memberi tahu identitas nomor yang masuk (prabayar/pascabayar), juga profil dan history pelanggan: VVIP atau bukan, seberapa sering melakukan komplain atau meminta informasi, berapa lama jadi pelanggan XL, dan sebagainya. IVR pula yang hendak mendistribusikan jenis masalah yang masuk ke para petugas (agen) yang kompeten menangani masalah tersebut. Selain dari ponsel, akses ke call centre bisa pula dilakukan dari jalur telepon tetap biasa (PSTN), yang nantinya diarahkan ke bagian tertentu untuk validasi lebih dulu. Selain melalui media komunikasi ponsel dan PSTN, komplain bisa pula melalui e-mail, surat atau SMS. “Dengan satu sistem yang konvergen, semua data bisa ditampilkan cukup di satu antarmuka. Jadi lebih praktis, cepat, dan tepat sasaran. Beda kalau mempunyai bermacam sistem, jadi ribet karena harus mengambil data dari masing-masing system. XL memiliki sekitar 26 juta pelanggan dari jumlah itu, rata-rata ada 50-80 ribu call per hari yang masuk ke Contact Management (call centre). Tujuannya, selain menyampaikan keluhan, banyak pula yang sekadar menanyakan informasi mengenai suatu program promosi yang sedang digelar, misalnya. Dari jumlah panggilan itu, 88%-nya berasal dari pengguna prabayar, dan sisanya pelanggan pascabayar.

Adapun jumlah XL Center sebanyak 356 unit yang tersebar di seluruh Indonesia, ditopang dua call centre, yang berada di Jakarta dan Yogyakarta. Perlu diketahui, kapasitas call centre di Yogya lebih besar dari yang di Jakarta karena juga menjalankan fungsi redundansi. Keduanya terintegrasi ke server di Jakarta, yang sifatnya bergantian dan 24 jam. Begitu jam 11 malam, di Jakarta sistemnya berhenti, dan akan lari ke Yogya.

Sebelum menerapkan aplikasi ini, handling time-nya lebih lama karena harus masuk ke sistem yang bermacam-macam. Namun setelah memiliki sebuah sistem yang terintegrasi, cukup sekali klik bisa menangani masalahnya. Bahkan XL menetapkan service level agreement untuk CS bisa menyelesaikan call harus di bawah 2,5 menit. Itu hanya bisa dicapai bila mereka didukung sistem yang bisa mengeluarkan data secara cepat.

Berkaitan dengan pengembangan e-CRM ke depan, operator yang mencatat pertumbuhan jumlah pelanggan sangat pesat dalam tiga tahun ini berencana membuat sistem yang berciri Web-based, sehingga lebih mudah diakses. Saat ini sistemnya masih bersifat client-based. Kesulitannya, untuk sejumlah XL Center yang lokasinya di remote area, atau yang tidak memiliki lini langsung ke Jakarta, tidak bisa melakukan koneksi. Akibatnya memperlambat penyelesaian masalah yang muncul. Rencana lainnya, XL juga hendak mengembangkan lebih jauh fungsi-fungsi yang sudah ada di sistem Clarify, misalnya untuk mendukung penjualan (lewat telesales). Oleh karena itu melalui system tersebut XL mampu meningkatkan jumlah pelanggannya karena XL dapat dengan cepat merespon keluhan-keluhan para pelanggannya.

Selain dari system yang secara teknikal tersebut, XL juga memiliki fitur-fitur yang cukup menarik perhatian para pelangggannya, seperti penggunaan 100 SMS dan koneksi internet 1 MB secara gratis setiap harinya, paket-paket internet yang murah dan juga jangkauan XL yang sudah mulai meluas sehingga membuat XL menjadi lebih meningkat dalam hal perolehan pelanggan. Bahkan fitur yang paling diminati saat sekarang ini adalah fitur paket inter unlimited seharga Rp. 150.000 per bulan dengan membeli kartu perdana seharga Rp. 160.000 para customer sudah bisa langsung menggunakan paket tersebut tanpa melakukan proses yang panjang.

Dan juga seperti yang kita ketahui, XL sudah banyak di periklankan di berbagai media seperti televisi, koran, internet dan lainnya yang telah membuatnya untuk terus dapat menambah customer-nya.

Leave a Comment

my weekend. ;)

stelah membaca beberapa blog kakak2 kelasQ, membuatQ jadi ingin menambah posting baru d blogQ yang uda lama tak tersentuh ini. Sebenarnya ga tw sich mw cerita apa… hm.. stelah terpikir2 & ngerasa klo weekend yang kemarin sangat menyenangkan dan layak untuk dimasukkan kedalam blogQ ini, jadinya kuputuskan dan kutetapkan untuk memasukkannya kedalam blogQ ini… tapi aq memasukkannya ga dalam2 bgt lah.. cuma sedikit dalamlah.. xixixi.. ntah apa hubungannya dengan dalam atau ga.. *gajelas

cerita ini diawali dengan Sabtu kemarin, bangun pagi…sebenarnya uda d awali dengan mood yang sangat tidak menyenangkan, gmana tidak…??? aq ama kakak perang mulut… maksudnya..?? ya gitu dech.. karena kami sama2 keras alhasil kami saling keras2-an suaralah pagi itu, perang mulut terjadi karena saling menyuruh untuk mencuci pakaian… kemi berdua itu uda buat perjanjian linggar jati di atas materai 12 rebu *ada ga ya..?? klo si kakak bakalan mencuci di pertengahan minggu dan aq mencuci hari sabtu atau minggu, eh… s kakak malah ga mencuci pertengahan minggu alhasil kain kotor itu uda banyaknya nah sampe satu truk… *lebay.. Dan karena aq bangun terlebih dahulu sabtu itu, tapi emang aq slalu dluan bangunlah d banding kakakQ ntu… trus kulihatlah kain kotor itu yang uda sampe satu truk itu, trus kubangunkanlah kakakQ ntu.. kubilang begini “kak, bangun kain banyak kali…” trus dengan enteng kakakQ bilang “kw lah yang nyuci, besok aq nyetrika”, ish… aslilah..langsung emosi tingkat tinggi pangkat tigalah aq pada saat itu, dan mulailah peperangan itu.. Tapi ga tw kenapa pada saat itu, tanganQ ini pengen mencuci.. jadinya kuputuskan sajalah klo aq yang mencuci kain itu, meskipun s kakak uda bilang “ya udalah aq aja yang mencuci, ga usa merepet kw d situ”, tapi tetep ajalah aq rendam kain2 itu smua… trus karena masih ngerasa kesal, kuputuskan untuk kekamar s tante garong bercerita2 sbentar membicarakan bumbu2 masakan yang harus d persiapkan, karena kami berencana mw masak bakso pada hari itu. Setelah sejam lebih aq cerita2 ama s tante n dedebz, rasa kesalpun uda mulai berkurang, kuputuskan untuk memulai perjuangan untuk mencuci kain itu. Aslilah, baru kali itu aq mencuci kain sebanyak itu selama di Jakarta, biasanya aq mencuci paling tidak satu ember kecil doank.. tapi saat itu benar2 menghabiskan tenagaQ… *Lebay lagi. :D

hm… setelah selesai mencuci, kuputuskan untuk langsung mandi sebenarnya ga pengen mandi tapi karena baju yang kupakai uda basah smuanya… abis itu langsunglah kujemur kain2 itu smuanya, aslilah ya… ga muat 2 jemuran…alhasil pagar pun jadi juga d buat tempat jemuran. Waktu aq jemur kain, Dedebs dan s kiting yang empunya ide untuk masak bakso pada saat itu baru aja datang dari pasar. Karena lama kali aq menjemurnya, aslilah s kiting bilang klo aq sengaja lama2 menjemurnya biar ga ikutan masaknya tinggal makan doank… sbenarnya sich iya… secara aq juga uda lapar kali… tapi nggak deng.. emang karena banyak kalinya kainnya.

hm.. abis menjemur, langsunglah aq menggantikan s kiting untuk mengupas segala sesuatu yang perlu d kupas, secara dia juga mengupasnya ga banget.. soalnya masih kelihatan kulitnya, ga benar2 telanjang d buatnya para2 kentang dan wartel itu, karena kami ga mw sakit perut karena masih ada kulit2 nya yang kelihatan, jadi kuputuskan untuk mendaur ulang pengupasan para2 wartel dan kentang. Setelah terkupas smuanya, tibalah saatnya melakukan penggorengan, nah.. bagian penggorengan diserahkan kepadaQ.. aq tw kenapa mreka mempercayaiQ untuk memasaknya karena setiap masakan yang d jamah oleh tanganQ yang ganteng ini, pasti rasanya dahsyatlah… xixiix… :D Tapi saat itu terjadi kesalahpahaman antara aq dan kacang, kupikir kacangnya masih belum saatnya untuk diangkat, tak taunya kacangnya sudah berwarna coklat alias gosong.. wkakkaka… :D meski begitu, rasanya masih enak kok, dan masih terasa rapuh. :D

Setelah selesai masak tahap pertama yaitu ikan teri plus kacang di sambal, karena perutQ memang benar2 uda minta bgt untuk di isi, tanpa pikir2 panjang, langsung makan aq tanpa mengajak yang lain wkakkaka… :D sungguh dahsyatlah rasa ikan teri sambalQ itu, aslilah..abis makan langsung cerah kulihat smuanya, yang tadinya masih kabur2.. :D

abis itu… tak lama kemudian, sop bakso-nya masak… dan karena melihat teman2 lain yang sudah mulai menyantap baksonya, aq memutuskan untuk memakan sop baksonya, hm.. lezatt… boo.. sampe mw pecah perutQ, gmana tidak.. baru aja makan, makan lagi… ish… benar2 hari itu kenyang kalilah pukoknya dan sungguh sangat menyenangkan. Nonton idola cilik sambil makan sop bakso… sedaaap… :D

dengan perjuangan yang begitu hebat untuk menghabiskan sop bakso itu, alhasil ga sanggup lagi aq untuk bergerak sangkin kenyangnya lah itu, klo katanya orang “butong ma oto” lah pukonya. Tapi sykurnya, saat itu s bebs dan bunda ikutan, jadinya mereka yang ngeberesin smua bekas2 tempat masak plus mencuci piring, karena aq memang benar2 ga sanggup lagi untuk bergerak, jadinya aq hanya terduduk di tempat tidur dan melihat mereka bersihin tempat masak itu. Mereka baik2 kali memang.. makasih ya bebs & bunda, ga sia2 klen datang ke apartemenQ saat itu. :D

Besok harinya juga tepatnya hari Valentine, kami juga masih ngumpul d apartemenQ… kami makan siang bareng dan malamnya kami juga makan bareng dan masak juga.. tapi kali itu kami masih indomie goreng plus kerupuk mie yang d bawa kakakQ dari Medan.

Intinya.. aq sungguh sangat senang weekend kemarin, bisa masak2 barenga dengan orang2 yang kusayangin, meskipun awalnya aq sedang bad mood karena sedikit masalah, tapi itu smua terobati dengan keceriaan bersama2 kakak si mentel yang ga kesampean menjadi artes, tante garong yang mulai jago kali melawan awak, bunda Eteng si manis jembatan Cikoko, bebs si cungkring yang banyak bulu, Dedebs yang imoet kek marmut dan tak lupa sang Project Manager Bakso Party Project kiting… :)

Thanks God n kakak serta teman2 buat weekend kemarin. GBUs. :)

Comments (11)

Older Posts »
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.