Kelas Inspirasi Trenggalek – 14 Januari 2017

Postingan pertama di 2017 aku ingin berbagi mengenai kegiatan yang sudah lewat sebulan yaitu kelas inspirasi. Nah kelas inspirasi itu merupakan kegiatan sosial dimana semua yang terlibat harus rela untuk cuti dari pekerjaannya atau kegiatannya untuk hari inspirasi, dimana hari itu adalah kita akan berbagi profesi kita masing-masing kepada siswa-siswa SD supaya mereka mempunyai gambaran untuk cita-cita mereka. Kegiatan ini aku tau dari teman yang dulu bareng-bareng kuliah di sebuah kampus yang terletak di tepi Danau Toba yang bernama Tanti Tamba, aku lihat postingan-nya seperti mengajar dan aku tak segan untuk bertanya dan memberikan pesan kalau ada kegiatan seperti itu supaya dikabarin.

Trenggalek sebenarnya tempat ketiga yang aku daftar dan dinyatakan lulus, dua tempat sebelumnya aku daftar tapi tidak lulus 😦 Lulus ? maksudnya apa yah, apakah ada test? Bukan test sebenarnya, jadi untuk mengikuti kelas inspirasi ini kita di minta untuk mengisi beberapa pertanyaan yang pada umumnya seperti pekerjaan, detail pekerjaan, apa yang akan di sampaikan pada saat hari inspirasi lebih lengkapnya bisa di akses melalui web : http://kelasinspirasi.org jadi panitia lokal akan melihat apakah kita layak untuk bergabung atau tidak melalui form yang kita isi, nah pada saat mendaftar yang pertama dan kedua salahku adalah tidak hanya mengisi dan berpikir itu hanya formalitas saja, tapi karena 2 kali tidak lulus akhirnya aku berdiskusi kembali kepada temanku itu akhirnya pada kelas inspirasi ketiga aku serius untuk mengisi form-nya dengan jelas, kalau sebelumnya aku mengisi hanya singkat-singkat saja, seperti pekerjaan: IT Application Support and Data Analyst 🙂 Mungkin sebagian mengerti atau sebagian lagi tidak mengerti mengenai pekerjaanku ini, oleh karena itu diminta untuk mengisi dengan jelas dan bisa dimengerti.

Setelah dinyatakan lulus aku senang sekali sampai2 temanku itu menertawakanku mungkin dikiranya aku terlalu norak atau berasa seperti baru lulus masuk perguruan tinggi kali yah 🙂 whatever pokoknya pada saat itu aku lulus dan aku pikir ini akan menjadi pengalaman yang menarik buatku. Beberapa hari setelah hari dinyatakan lulus, aku mendapatkan sms untuk undangan masuk kedalam group rombongan dan pada saat itu aku kebagian rombongan kelas SD N 3 Sumberdadi Trenggalek. Jujur pertama kali masuk kedalam group bingung karena pertama kali ikut kegiatan ini dan kebanyakan cuma sebagai pembaca dan menyimak topik-topik yang di bahas, hampir setiap hari ada chat yang masuk dari group ini. Banyak persiapan yang kami lakukan seperti pemilihan ketua rombongan, tata cara kegiatan, persiapan media untuk menempelkan cita-cita dari masing-masing siswa, pembuatan PIN dan banyak lagi dan tak jarang terjadi perselisihan pendapat ketika membahas dan bahkan satu topik bisa dibahas beberapa kali dan itu wajar saja kalau menurutku. 🙂

Nah seminggu sebelum keberangkatan aku dan temanku masih juga belum menentukan akan menggunakan transportasi kereta atau bus, karena kami masih menunggu konfirmasi satu teman lagi yang akan bareng untuk berangkat. Sampai hingga H-3 hari Senin kami mendapatkan keputusan ternyata teman kami itu batal untuk berangkat karena punya masalah pribadi dan akhirnya kami berdua memutuskan untuk tetap berangkat berdua, dan pada hari itu juga kami langsung memesan tiket kereta tujuan tulungagung.

Tibalah hari dimana kami harus berangkat yaitu Kamis malam dimana kereta kami berangkat pukul 18:30 dan kami sudah janjian untuk bertemu di stasiun pasar senen. Dan kami sudah tiba di pasar senen sekitar jam 5 lewat karena masih banyak waktu kami singgah sebentar untuk membeli bekal perjalanan dan makan malam yang tak lupa kami bungkus untuk kami makan didalam kereta.

img_3563

Perjalanan Jakarta – Trenggalek menghabiskan waktu kurang lebih sekitaran 14 jam dan kami tiba di tulungagung sekitar pukul 8 pagi. Sampai di stasiun kami bertemu dengan seorang teman yang satu rombongan denganku ka Bintang dan kebetulan dia orang trenggalek dan juga dia dijemput sama adiknya yah aku dan temanku ditawarin untuk pergi bareng sampai ke terminal trenggalek karena sebelumnya aku sudah janjian dengan kaka panitia lokal ketemuan di terminal trenggalek. Karena janjian jam 10 pagi jadilah kami memutuskan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat. Waktu tempuh tulungagung – trenggalek hanya sekita 45 menitan, dan tiba di terminal trenggalek kami langsung cari warung buat ngopi, trus ngobrol ama Ibu yang punya warung adakah toilet umum yang bisa kami gunakan buat mandi dan si Ibu memberitahu kami tempatnya. Gak lama setelah kami mandi, kemudian kaka panitia lokal datang untuk menjemput kami, menunggu lagi datang lagi kaka yang lain pokoknya pada saat itu kami dijemput lebih dari 5 orang kaka panitia lokal. Agak sedikit terkejut sih, yang datang cuma 2 orang tapi yang jemput rame bgt dan di sambut dengan hangat, gatau kenapa ngobrolnya juga asik.

Setelah berkumpul semuanya kami diajak untuk berkeliling trenggalek tempat yang kami kunjungi adalah hutan kota, jika kita masuk kedalam dan dengan sedikit hiking kita akan melihat kota trenggalek dari ketinggian dan kota trenggalek memang masih dikelilingi bukit2 dan tanaman-tanaman hijau, bagus dan cukup buat kami melepas lelah perjalanan 14 jam yang telah kami lalui. img_3584

Selesai dari hutan kota aku dan temanku berpisah dikarenakan kami memang memiliki rombongan yang berbeda, dan aku di ajak kerumah kaka relawan pengajar yang sama sepertiku Ka Nelly. Aku disana mempersiapkan beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk hari inspirasi, dan dirumah ka Nelly juga aku disambut sangat ramah dan nyaman, dan juga ditawarin makan bakso dan kebetulah sore di sana hujan sangat cocok buat suasana yang dingin makan yang hangat-hangat. Disana juga aku diperbolehkan istirahat sebentar sebelum berangkat ke balai desa, karena beberapa relawan yang datang dari berbagai tempat akan berkumpul disana dan menginap disana. Sampai di balai desa aku cuma menemukan beberapa orang yang sudah sampai di sana, dan ga sampai sejam disana aku mencoba untuk tiduran eh pas tiduran sampai beneran tidur dan benar-benar terbangun pada pukul 4 pagi dan itu juga karena dibangunin kaka panitia lokal kalau ga yah ga bakalan bangun mungkin hahahaha.. 🙂 Sampai-sampai kaka panitia bilang ka.. tidurnya bisa nyenyak bgt yah, padahal lagi brisik begini yah? Aku cuma bilang iyah yah.. aku juga bingung kenapa aku bisa begitu (padahal ini cuma alasan ajah sih.. karena aku kalau sudah sangat capek bisa tidur dimana ajah sih meskipun itu brisik hahahah… )

Bangun jam 4 pagi langsung bergegas mandi aku yang tetap ditemani kaka Dinar (panitia lokal) mencari tempat mandi buatku. Kelar mandir kami masih berkumpul di balai desa untuk berkumpul dengan semua anggota rombonganku untuk sarapan bersama dan juga pembagian name tag dan juga jadwal kegiatan yang akan kami lakukan nantinya. Setelah itu kami langsung menuju kesekolah SD N 3 Sumberdadi. Tiba disana kami menemukan para siswa yang sedang bersih-bersih ruangan kelasnya masing-masing. Disekolah ini jumlah muridnya tidak terlalu banyak dimana :

Kelas 1 : 6 siswa

Kelas 2 : 19 siswa

Kelas 3 : 19 siswa

Kelas 4 : 19 siswa

Kelas 5 : 17 siswa

Kelas 6 : 9 siswa

Setelah tepat jam 7 pagi bel sudah dibunyikan artinya semua siswa akan berbaris dilapangan, kemudian kepala sekolah sudah memberikan izin kepada kami untuk mengambil alih untuk proses belajar mengajar pada hari itu, kemudian kegiatan di awali dengan kata sambutan dari ketua rombongan, kepala sekolah, perkenalan panitia lokal, relawan pengajar dan dokumenter. Setelah itu dilanjutkan dengan ice breaking dimana kami melakukan dance penguin kemudian dilanjutkan dengan mannequenchallenge yang lagi nge-hits, setelah itu kami masuk ke kelas masing-masing yang sudah dibagikan sebelumnya.

img_3608

Setiap relawan pengajar kebagian 3 kelas dan pada saat itu aku kebagian kelas 2, 4 dan 6 SD. Kelas pertama yang kumasukin adalah kelas 4 SD, untuk siswa kelas 4 SD beberapa siswa aktif dan beberapa lagi cenderung pasif, dan pada saat itu aku yang sudah mempersiapkan bahan untuk memberikan penjelasan tentang perangkat-perangkat komputer dengan mereka. Pada saat itu aku melihat wajah mereka yang sepertinya kurang menarik dengan penjelasanku, akhirnya aku mencoba membangkitkan semangat mereka dengan melakukan tepuk pramuka dan mereka akhirnya semangat kembali. Setelah itu aku menjelaskan profesiku, dan kemudian aku mengajak mereka menonton video. Kalau aku lihat mereka begitu senang melihat video animasi yang aku putar kemudian aku menjelaskan kalau kalian ber-profesi sebagai seorang IT kalian juga bisa membuat video seperti ini. Dan mereka seperti tidak percaya, dan bertanya benar Ibu bisa buat seperti itu? Iyah benar karena video ini dibuat dengan menggunakan komputer yang sudah Ibu jelaskan sebelumnya begitu penjelasanku kepada mereka. Hingga dikelas terakhir yang aku dapatkan yaitu kelas 2 SD, diakhir kelas kami ditukgaskan untuk memberikan kertas kupu-kupu dimana kertas itu supaya di isi oleh setiap siswa, mereka harus mengisi nama dan cita-cita mereka dan nantinya akan menempelkannya di pohon cita-cita yang sudah ditempelkan di dinding kelas. Pada saat aku mengajar di kelas 2 SD ada seorang anak bertanya padaku: Ibu tadi profesinya apa? Kenapa ? tanyaku iyah Bu aku mau seperti Ibu begitu polosnya dia menanyakan itu dan akhirnya aku memberikan profesiku dan dia menuliskannya itu sebagai cita-citanya. Semoga Tuhan mengabulkan cita-cita mereka 🙂

img_3617

Setelah kami selesai berbagi dengan siswa-siswa untuk penutupan semua siswa berkumpul kembali di lapangan dan kemudian ada kata sambutan dari mewakili relawan pengajar dan juga kepalas sekolah dan pentutupuan di akhiri dengan poto bersama relawan dan juga para guru. Dan kemudian masih berlanjut dengan makan siang bersama para guru di ruangan guru, kami tidak menyangka kalau kami sudah dipersiapkan nasi kotak untuk makan siang kami. Sambil makan siang, kami membahas masalah follow up, dimana ini mendiskusikan hal-hal apa saja yang akan dilakukan setelah kegiatan ini selesai. Dan kami berencana akan tetap berkomunikasi dengan siswa-siswa di situ, dengan cara mengirimkan surat kepada mereka dan juga memberikan semangat kepada mereka.

img_3773

Setelah selesai acara disekolah kami diminta untuk berkumpul dengan relawan-relawan dari semua rombongan di pendopo, disana berbagi pengalaman dari masing-masing sekolah selama kegiatan hari inspirasi berlangsung. Tak banyak yang bisa kubagikan selama pertemuan itu, karena pada saat itu aku yang sudah terlalu lelah memilih untuk beristirahat di pojokan 🙂 Dan setelah selesai acara kumpul bersama aku dan temanku itu berpoto bersama 🙂

img_3645

Akhir kata aku mengucapkan terimakasih buat kelas inspirasi Trenggalek, Aku bukan hanya memberikan inspirasi kepada siswa-siswa di sana tapi aku juga mendapat inspirasi dari banyak orang yang kutemukan di sana, aku mendapatkan pengalaman yang berharga selama di sana, aku mendapat teman baru disana. Terimakasih, semoga aku bisa terus untuk mengikuti kegiatan seperti ini dan besar harapan dapat memberikan gambaran kepada siswa-siswa untuk mencapai cita-cita mereka.

img_3709

Kelas Inspirasi Trenggalek Luar Biasa 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: